Wednesday, August 21, 2013

Teknik menanam buah durian terbaik




Sekilas tentang info buah durian

Buah durian merupakan salah satu tanaman yang bisa tumbuh dengan baik pada daerah yang beriklim tropis,kebanyakan jenis tanaman buah ini banyak terdapat pada negara Asia,akan tetapi untuk sekarang ini sudah mulai menyebar di berbagai negara eropa,buah durian ini mempunyai ciri bau yang khas tersendiri yaitu memiliki aroma bau yang sangat wangi jika sudah masak(matang),serta mempunyai kulit keras dan berduri hampir sama seperti jenis buah nangka,mungkin nama Durian diambil dari struktur kulit buah yang banyak terdapat duri,sehingga orang menyebutnya dengan buah durian.
Buah jenis durian ini biasanya hanya berbuah satu kali saja pada setiap tahun,akan tetapi ada jenis buah durian tertentu yang bisa berproduksi buah sebanyak 2 kali selama satu tahun,untuk ketinggian pohon ini bisa mencapai ketinggian antara 10 s/d 30 meter(tergantung dari jenis varian),memang untuk jenis buah durian yang terdapat pada hutan kebanyakan memiliki ketinggian antara 20 hingga 70 meter,lain lagi untuk jenis buah durian dari hasil genetik yang kebanyakan ketinggian pohon rendah dan tidak terlalu tinggi seperti jenis buah durian hutan.
Untuk bentuk dan ukuran jenis buah ini bervariasi ada yang bentuknya lonjong dan bulat,dengan ukuran panjang buah yang biasanya sampai 30 cm dan berdiameter hingga 25 cm(tergantung dari jenis varian),dan di dalam buah terdapat 5 ruang untuk tempat daging buah,biasanya memiliki daging buah yang tipis dan berbiji besar,tetapi ada jenis varian tertentu yang memiliki daging buah tebal dan biji kecil.

Langkah persiapan:


1.Lahan Tanah

>>Untuk lahan tanah yang cocok dengan jenis tanaman ini yaitu tanah yang subur(mengandung unsur hara dan unsur organik)serta tanahnya mengandung sedikit pasir dan lempung,tanaman buah durian ini ideal di tanam di daerah yang memiliki ketinggian antara 60 s/d 700 dari ketinggian permukaan laut,curah hujan 1700 s/d 2700 mm per tahun,dengan temperatur suhu antara 20 s/d 28 derajat celcius.

>>Sebelum memulai proses penanaman bibit lakukan dulu proses pengolahan lahan tanah dengan baik dan benar.

>>Bersihkan semua area tanah dari berbagai rumput dan sampah lainya.

>>Lakukan proses penghalusan tanah dengan metode di bajak atau di cangkul secara merata.

>>Tambahkan pupuk organik hewan dan tumbuhan yang sudah terurai dengan baik dan benar pada setiap lahan tanah.

>>Tambahkan batu kapur halus dan garam pada setiap lahan,supaya kondisi tanah netral dan tetap berkualitas.

>>Buatlah lubang tanah untuk tempat bibit dengan ukuran 60x60x50 cm.

>>Buatlah jarak lubang antara satu dengan yang lainya minimal 9 s/d 11meter,supaya nanti tanaman bisa bisa tumbuh dengan baik.

>>Setelah proses pembuatan lubang selesai,lakukan pemberian pupuk organik pada setiap lubang tanah dengan ketebalan 2 cm.

>>setelah itu biarkan dulu lahan tanah selama 2 minggu,jangan langsung di tanami bibit,supaya pupuk dan tanah bisa terurai dengan sempurna.

2.Alat yang di butuhkan:

>>Cangkul(boleh pakai yang lebih modern)

>>Alat pembersih rumput

>>Gunting pemotong yang tajam

>>Alat spry/pengompres obat

>>Alat pengocor/pengompres air

3.Bibit buah durian
Untuk bibit anda harus memilih yang berkualitas baik,karena ini sangat mempengaruhi untuk pertumbuhan dan untuk hasil panen nanti.



Langkah Penanaman Bibit:

>>Sebaiknya awal penanaman bibit di lakukan pada awal musim hujan.

>>Untuk memulai proses penanaman bibit sebaiknya di lakukan pada pagi hari jam, 06.00 s/d 09.00,usahakan jangan sampai lebih dari jam 09.00 karena bisa menyebabkan bibit layu dan mati terkena suhu panas sinar matahari.

>>Buka plastik polybeg pada bibit jangan sampai merusak akar,supaya tanaman bibit tidak layu/mati.

>>Setelah itu tanam dengan secepatnya ke dalam lubang tanah yang sudah di persiapkan sejak awal.

>>Setelah proses penanaman bibit selesai,lakukan penyiraman pada semua area tanaman dengan metode di kocor dengan air.

>>Usahakan setiap lahan tanah area tanaman di tutupi dengan jerami(boleh dengan menggunakan media daun kering)supaya tingkat kelembapan tanah tetap optimal.

>>Biarkan jerami tersebut sampai 2 hingga 3 bulan baru setelah itu bisa anda bersihkan.



Langkah Perawatan:

>>Lakukan penyiraman air 3 kali dalam seminggu.

>>Lakukan pembersihan rumput di area lahan tanah secara berkala.

>>Lakukan pemupukan tambahan dari unsur organik setiap 1 bulan sekali.

>>Lakukan pemberian obat kimia anti virus/hama secara berkala.

>>Lakukan pemberian batu kapur halus dan garam dalam 3 bulan sekali.

>>Lakukan penggemburan tanah di area tanaman setiap 1 bulan sekali.

>>Jika tanaman sudah tumbuh besar lakukan pemangkasan pada bagian tanaman yang kurang baik atau layu.

>>Jika tanaman sudah mulai tahap berbunga,lakukan penyerbukan secara manual,dengan cara memakai alat kuas yang halus,sapukan kuas pada bunga yang sudah mekar secara hati hati jangan sampai merusak bagian yang lain,karena penyerbukan jenis tanaman buah durian ini kurang di minati oleh hewan,jadi jika misalnya penyerbukan tidak bisa berjalan dengan baik alhasil maka buah yang di hasilkan juga tidak akan bisa maksimal.

>>Jika tanaman sudah mulai berbuah lakukan seleksi pada buah secara berkala,buang buah  yang tidak sehat supaya tidak menular ke buah yang lain.

>>Sebaiknya buah di sisakan 2 atau 3 per gerombol supaya kualitas buah bisa optimal.

>>Jika buah sudah mulai besar,segera lakukan pengikatan dengan tali pada bagian tangkai dan buah,supaya nanti kalau buah masak(matang)tidak sampai jatuh ke tanah,karena misalnya sampai jatuh ke kepala anda atau orang lain????ceritanya bisa gawat nanti JADI......muraaaaaah sakit ( bisa nambah penyakit) he3x.



Langkah Panen:
Buah durian ini biasanya bisa di panen setelah buah itu jatuh(maka dari itu saya sarankan supaya buahnya di ikat),dan bisa di hitung mulai dari tumbuh bunga mekar(4 s/d 5 bulan),atau juga bisa di panen tanpa menunggu buah jatuh,dengan catatan buah durian tersebut sudah bena benar siap panen,jangan sampai belum cukup usia,karena buahnya bisa busuk dan tidak matang,jika anda menggunakan cara yang kurang sabar ini sebaiknya ketika memetik buahnya menggunakan sebuah alat gunting yang tajam,potong pada bagian tangkai buah jangan sampai melukai bagian yang lain,setelah itu kumpulkan hasil panen pada tempat yang sejuk,untuk proses pemasakan(supaya buah matang) cukup anda letakkan pada ruangan yang tidak terkena sinar matahari secara  langsung,usahakan kondisi  tempat ruangan itu tidak lembab secara berlebih,supaya buah cepat matang dan tidak mudah busuk,biasanya buah akan matang(masak)dalam waktu 2 s/d 3 hari(dengan catatan buah sudah siap panen).


Catatan Penting:
>>Ketika anda berada di bawah pohon durian yang buahnya sudah tua(sia panen)sebaiknya anda harus hati hati,jangan sampai kejatuhan buah durian tersebut karena katanya orang itu bisa SAKIT.....
>>Ketika anda memanjat pohon durian ketika musim panen sebaiknya juga harus sangat hati hati,jangan sampai terpeleset sampai jatuh......karena jika itu sampai terjadi wow.........JADI RUMAH SAKIT dong panen anda wkwkwkwwk..



Semoga bisa bermanfaat buat anda,bila ada salah atau khilaf saya mohon maaf.Thank you


Reaksi: