Saturday, August 17, 2013

Cara menanam buah Strawberry berkualitas




Sedikit info tentang buah Strawberry


Buah Strawberry merupakan salah satu buah yang paling banyak di minati orang,baik di negara Asia maupun di negara Eropa,karena banyak manfaat yang dapat di peroleh dari buah strawberry ini,selain dari rasa yang nikmat yaitu kandungan gizi yang sangat banyak dan baik untuk kesehatan tubuh manusia,buah ini 60% mengandung unsur gizi vitamin C yang baik buat kekebalan tubuh manusia terhadap penyakit,serat,protein,dan gizi yang lainya.
Tanaman buah strawberry ini sangat cocok di tanam di daerah yang mempunyai kelembapan udara sekitar 70 s/d 85 drajat Celcius,dengan ketinggian antara 850 s/d  1900 dari permukaan laut.

Sebelum melakukan penanaman buah strawberry ini hal yang harus di lakukan dan di persiapkan antara lain:

1.Lahan tanah 
Salah satu faktor penting yang harus di perhatikan adalah dengan menyiapkan lahan tanah yang baik,artinya lahan tanah tersebut sudah di proses dengan baik misalnya sudah di lakukan pembajakan lahan(tanah sudah di urai atau sudah di gemburkan),lahan tanah sudah di beri pupuk organik secara cukup dan merata pada setiap bagian lahan,tambahkan batu kapur halus di campur dengan garam untuk proses pemupukan tambahan supaya  tanah tetap dalam kondisi yang baik,fungsinya yaitu tanaman bisa tumbuh dengan subur dan optimal.

2.Alat alat yang di perlukan
Untuk alat yang harus di persiapkan antara lain:cangkul(boleh pakai alat yang lebih modern),alat pembersih rumput misalnya sejenis arit,spry atau alat kompres untuk obat,alat pengocor air,Gunting yang tajam atau pemotong lainya dan lain lain.

3.Benih/bibit strawberry
Pilihlah bibit yang berkualitas baik karena ini termasuk faktor penting yang harus di perhatikan,jangan asal milih bibit sembarangan karena bisa berdampak kurang baik untuk hasil panen.
Ciri ciri bibit yang baik:kondisi tanaman bibit dalam keadaan sehat dan segar,tidak layu,usahakan juga memilih bibit yang daunya hijau dan tidak rontok.

Proses penanaman bibit Strawberry
Sebaiknya dalam proses memulai tanam bibit di lakukan ketika pagi hari jam 06.00 s/d 09.00 atau sore hari jam 04.00 s/d 05.30.supaya bibit tidak layu dan tidak mudah mati,buka plastik polybeg dan buang,hati hati ketika membuka plastik polybeg jangan sampai akar bibit rusak,karena bisa pengaruh nantinya,setelah selesai langsung tanam dengan kedalaman kira kira 3 s/d 5 cm ke dalam tanah(tergantung dari besar kecilnya bibit),dengan jarak yang efisien antara 25 s/d 50 cm dari tanaman lainya,setelah semua proses penanaman bibit selesai segera lakukan pengocoran air pada  tanah area tanaman secukupnya.

Proses Perawatan tanaman 
1.Lakukan pengocoran dengan air dengan rutin setiap hari 2 kali,pagi jam 06 s/d 09.00 dan sore hari jam 04.00 s/d 05.30.

2.Lakukan survey pada semua tanaman,jika ada yang mati segera ganti dengan bibit yang baru(ketika usia tanaman masih 1 s/d 15 hari)supaya bisa tumbuh dengan rata.

3.Lakukan pengobatan kimia dan nabati secara berkala dan teratur.

4.Lakukan pembersihan rumput di area tanaman dengan cara di cabut,karena cara ini lebih efektif daripada di pangkas.

5.lakukan pemangkasan pada bagian tanaman yang kurang baik atau tidak produksi,jika tanaman sudah mulai menghasilkan bunga yang pertama sebaiknya bunga tersebut di pangkas dan di buang supaya buah nantinya bisa banyak dan sehat.

6.Lakukan pemupukan tambahan dengan unsur organik atau nabati selama 1 bulan sekali(lebih efisien),pupuk bisa berasal dari hewan dan tumbuhan,dengan catatan pupuk itu sudah terurai dengan baik dan benar.

7.Lakukan penambahan batu kapur dan sedikit garam pada lahan tanaman,sebaiknya di lakukan 2 kali selama satu musim(panen).

Jenis penyakit tanaman Strawberry:

1.Phytophtora Fragrariae
Penyakit ini biasanya menyerang pada akar tanaman,gejala bisa di lihat jika kondisi tanaman sulit tumbuh(kerdil) atau layu,gejala awalnya akar berwarna merah kecoklatan terus kemudian menjalar ke bagian batang tanaman dengan warna yang sama,jika penyakit ini di biarkan akan mempengaruhi hasil panen dan bisa juga menyebabkan tanaman mati.
SOLUSINYA:Lakukan pengapuran pada area tanaman yang terinfeksi(kapur halus di campur garam),lakukan pengompresan obat nabati 3 hari sekali,jika ada tanaman yang sudah terinfeksi dengan parah sebaiknya tanaman itu segera di cabut dan buang jauh dari lokasi lahan,supaya tidak menular ke tanaman yang lain.

2.Rhizoctonia Solani
Jenis penyakit ini juga menyerang pada akar tanaman,biasanya ujung akar berwarna hitam dan kondisinya busuk,jika tanaman sudah di serang penyakit ini biasanya akan cepat mati.
SOLUSINYA:Lakukan pengapuran tanah di area tanaman,tambahkan dengan kompres obat nabati,jika tanaman sudah terinfeksi parah segera buang jauh dari area lokasi lahan tanaman.

3.Vertycillium Dahliae
Penyakit ini menyerang tanaman dari mulai bagian akar,daun,batang tanaman hingga buah,tanaman yang terinfeksi biasanya di tandai dengan ciri daun yang berwarna kuning kecoklatan hingga bagian lainya,setelah itu daun berubah menjadi warna  coklat tua dan tanaman mati.
SOLUSINYA:Lakukan pengompresan dengan obat anti bakteri 3 hari sekali,segera buang jauh tanaman yang sudah terinfeksi dengan parah.

4.Colletotrychum Fragariae
Untuk jenis penyakit ini biasanya menyerang pada bagian buah,gejala yang bisa di ketahui jika ada buah strawberry yang masak(matang)warnanya tidak cerah atau sedikit violet,kondisi buah menjadi lentur(lembek),jika di pecah mengeluarkan cairan yang keruh(tidak bersih).
SOLUSINYA:Kompres dengan obat anti bakteri 3 hari sekali dan tambahkan pengapuran pada lahan area tanaman.

Jenis Hama tanaman Strawberry:

1.Anthonomus
Hama ini berasal dari jenis serangga(kumbang)biasanya menyerang pada daun dan batang tanaman,bekas gigitan pada daun seperti bentuk gergaji yang menyebabkan daun rusak dan batang tangkai tanaman patah.
SOLUSINYA:Lakukan kompres obat anti hama 7 hari atu kali pada tanaman.

2.Tetranicus
Untuk hama ini juga berasal dari jenis serangga tapi mempunyai ukuran yang sangat kecil,biasanya hidupnya berkelompok,tanaman yang di serang yaitu daun dan buah,daun yang sudah di serang akan berubah warna mejadi kuning kecoklatan hingga akhirnya daun menjadi rontok,jika buah yang di serang maka dampaknya buah akan sering rontok(jatuh).
SOLUSINYA:Kompres dengan obat anti hama 3 hari satu kali.

3.Chaetosiphon Fragaefoli
Hama ini menyerang pada daun dan batang tangkai yang masih muda,hingga menyebabkan daun dan batang tangkai  tanaman rusak dan mati.
SOLUSINYA:Kompres dengan obat anti hama 7 hari satu kali.

4.Ulat
Untuk hama jenis ulat ini menyerang pada daun hingga pada buah,jika di biarkan akan bisa menyebabkan gagal panen.
SOLUSINYA:Kompres dengan obat anti hama 7 hari satu kali.

5.Burung
Jenis hama dari golongan burung ini biasanya memakan buah,tapi anda jangan terlalu kawatir karena serangan hama ini hanya sedikit sekali jumblahnya,dan menurut pengamatan saya tidak semua daerah mengalami serangan burung ini.
SOLUSINYA:Iklaskan saja................... khan cuma beberapa buah saja????Anggap buat amal jariyah dech menolong  burung yang sedang lapar kan bisa juga dapat pahala hehe.......

Proses panen buah Strawberry
Untuk proses panen biasanya ketika tanaman sudah berusia 2 s/d 4 bulan dari masa berbunga(mulai tumbuh bunga - calon buah),sebaiknya waktu memetik buah stawberry dengan memakai alat gunting yang tajam dan jangan lupa memakai sarung tangan supaya buah tetap dalam kondisi yang baik,potong batang tangkai buah beserta kelopaknya jangan sampai melukai buah dan bagian tanaman lainya,biasanya masa proses panen bisa di lakukan selama 3 hari sakali selama beberapa bulan,tetapi semua itu juga tergantung dari kondisi dan kualitas tanaman,semakin baik kualitas tanaman yang di hasilkan maka hasil panen juga pasti akan banyak.

Semoga info dari tulisan artikel saya ini bisa bermanfaat buat anda,terima kasih karena anda telah menyempatkan waktu untuk berkunjung ke blog saya,silahkan tunggu untuk post berikutnya.




Reaksi: