Monday, August 19, 2013

Metode tanam buah semangka yang terbaik




Sekilas info buah semangka

Buah semangka merupakan salah satu dari sekian banyak buah yang banyak di sukai orang,karena selain rasanya yang enak juga terdapat kandungan vitamin yang melimpah,kalau dulu buah semangka itu banyak mengandung biji,tetapi untuk jenis semangka  pada zaman sekarang sudah banyak yang tidak terdapat lagi biji(semangka tanpa biji hasil genetik),sehingga menyebabkan orang lebih suka ke buah ini,karena tidak di repotkan lagi dengan masalah biji yang jumblahnya banyak.
Buah semangka itu sangat cocok di tanam di daerah dataran rendah hingga ketinggian 700 dari permukaan laut,dengan kadar suhu 240 derajat celcius,untuk curah hujan yang efisien yaitu antara 35 s/d 45 per bulan,jenis buah semangka ini sangat banyak membutuhkan sinar matahari,lebih optimal jika lahan tanaman terkena sinar matahari langsung pada pagi hari sampai sore hari,supaya buah semangka bisa berkualitas dengan baik.

Persiapan proses penanaman buah semangka:

1.Siapkan lahan tanah
Tanah yang cocok dan ideal untuk tanaman ini yaitu tanah yang banyak mengandung unsur hara dan unsur organik, serta kondisi tanahnya gembur dan sedikit mengandung pasir,tanaman ini lebih cocok di tanam di sawah daripada di lahan kebun,akan tetapi jika lahan kebun tersebut memenuhi syarat(layak untuk lahan tanam)yang seperti saya sebutkan di atas juga boleh di coba.

Cara menyiapkan lahan tanah yang optimal:

>>Lakukan pengolahan lahan tanah dengan cara di gemburkan,supaya tanah banyak mengandung unsur oksigen.

>>Pada setiap lahan tanah berilah pupuk organik dari hewan atau tumbuhan secara merata(dengan catatan pupuk organik sudah di proses dengan baik dan benar).
Berilah pupuk tambahan dari batu kapur halus di campur garam pada setiap lahan tanah,supaya tanah tetap netral dan optimal.

>>Buatlah lubang buat tanam bibit semangka pada lahan tanah,dengan ukuran kedalaman 7 s/d 9 cm,buat jarak antara tanaman 25 s/d 35 cm.

>>Setelah proses buat lubang selesai berilah pupuk organik dengan tebal 1cm pada setiap lubang.

>>Setelah semua proses selesai,biarkan dulu tanah selama minimal 2 minggu(efisien 1 bulan)sebelum mulai proses penanaman bibit,tujuanya adalah supaya pupuk organik dan tanah bisa terurai dengan baik dan optimal,manfaat yang lainya yaitu tanah bisa dalam tahap  yang sempurna.

Persiapan alat alat yang di butuhkan:

Untuk alat yang harus di sediakan antara lain:cangkul,pencabut rumput,gunting yang tajam,plastik,alat kompres obat,pengocor air(kompres air) dan lain sebagainya.
Persiapkan bibit yang berkualitas
Artinya anda harus benar benar memakai bibit yang kualitasnya bagus,supaya pertumbuhan tanaman dan hasil panen bisa optimal dan memuaskan.
Ciri ciri bibit yang baik:kondisi tanaman tidak layu(tidak rusak,tidak patah,daun tidak rontok),usahakan supaya memilih bibit yang daunya berwarna hijau dan tidak rontok,karena bibit sangat berpengaruh terhadap proses pertumbuhan dan hasil panen nantinya.

Proses penanaman bibit buah semangka:

1.Penanaman bibit yang baik di lakukan ketika pada awal musim kering.

2.proses penanaman bibit paling baik di lakukan pada pagi hari antara jam 06.00 s/d 09.00 dan pada sore hari antara jam 04.00 s/d 06.00.

3.Buka plastik polybeg pada bibit dengan secara hati hati,jangan sampai merusak akar ataupun bagian tanaman yang lainya,supaya tanaman nantinya bisa tumbuh dengan optimal,masukkan pada lubang lubang tanah yang sudah anda persiapkan dari awal.

4.Setelah proses penanaman bibit selesai,lakukan penyiraman dengan air pada setiap area tanaman,menggunakan alat pengocor air atau juga bisa dengan alat pengompres air.

Perawatan/pemeliharaan buah semangka:

1.Lakukan penyulaman bibit semangka yang tidak sehat atau mati secara berkala,ganti dengan bibit yang baru(dalam masa tanam 1 s/d 15 hari)supaya tanaman bisa tumbuh dengan rata.

2.Lakukan penyiraman pada setiap tanaman secara teratur yaitu 2 kali dalam satu minggu,lakukan pada setiap pagi jam 06.00 s/d 08.30 atau  pada sore hari antara jam 04.00 s/d 05.30.

3.Lakukan kebersihan di area tanaman,jika ada rumput yang tumbuh segera cabut dan buang dari area lahan.

4.Lakukan pengobatan anti virus secara berkala dan teratur dengan cara di kompres.

5.Lakukan pemupukan tambahan dengan pupuk organik 1 bulan sekali.

6.Berilah batu kapur halus dan sedikit garam pada lahan tanah secara merata pada tanaman usia 2 bulan.

7.Lakukan pemangkasan pada bagian tangkai tanaman secara berkala,buang bagian yang layu,tidak produktif,atau juga yang sudah mati,supaya tanaman bisa tumbuh dengan optimal dan menghasilkan buah yang berkualitas dengan baik.

8.Ketika tanaman sudah mulai berbuah lakukan pemangkasan secara berkala,buang calon buah yang tidak sehat atau layu,supaya buah bisa tumbuh dengan optimal.

Jenis hama/solusi tanaman buah semangka :

1.Ulat Daun
Hama ini biasanya suka memakan bagian tanaman yaitu daun,sehingga daun menjadi rusak dan efeknya sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan tanaman dan hasil panen.
SOLUSI:Kompres dengan obat anti hama 1 kali dalam 3 hari.

2.Lalat pheza
Jenis hama ini sangat merugikan bagi penanam buah,karena lalat lalat ini biasanya suka bertelur pada lapisan kulit luar buah,dan telur lalat itu berubah menjadi larva(sejenis belatung)yang menyebabkan buah menjadi busuk,karena di makan larva tadi.
SOLUSI:Kompres dengan obat anti hama 1 kali dalam 3 hari selama tanaman sudah berbuah.

3.Ulat Tanah
Hama ini biasanya menyerang pada bagian akar tanaman,sehingga menyebabkan tanaman mudah layu dan mati.
SOLUSI:Kompres dengan obat anti hama pada lahan tanah 1 kali dalam 7 hari,gemburkan tanah dengan cara di cangkul,lakukan pemberian batu kapur halus dan garam pada lahan area tanaman.

4. Thrips
Jenis hama ini berasal dari golongan serangga tapi mempunyai ukuran yang kecil,bisanya hidupnya selalu berkelompok,hama ini menyerang daun dan juga tangkai tanaman.
SOLUSI:Kompres dengan obat anti hama 1 kali dalam 3 hari.

Jenis penyakit/solusi tanaman buah semangka:

1.Antraknosa
Penyakit ini bisa di lihat dari gejala daun yang terdapat bercak warna coklat,yang menyebabkan daun rusak dan kering.
SOLUSI:Kompres dengan obat anti virus 1 kali dalam 7 hari.

2.Fusarium
Jenis penyakit ini berasal dari golongan bakteri jamur,biasanya merusak pada daun dan tangkai tanaman,penyebabnya adalah:Karena kondisi area lahan tanah yang tidak baik(kebersihan tidak terjaga dengan baik)bisa juga di sebabkan karena suhu kelembapan udara di area lahan tanaman.
SOLUSI:Bersihkan area lahan tanah,beri batu kapur dan garam pada area tanaman.

3.Karat Daun
Penyakit ini gejalanya bisa di lihat dari daun yang terdapat bercak bercak warna kuning kecoklatan,setelah tanaman terjangkiti daun menjadi keriting dan kerdil,sehingga tanaman sulit untuk proses pertumbuhan dan menghasilkan buah yang optimal.
SOLUSI:Kompres dengan obat anti virus 1 kali dalam 3 hari.

4.Buah busuk
jenis penyakit ini biasanya menyerang pada bagian buah,sehingga buah menjadi tidak normal dan terkadang juga busuk.
SOLUSI:Kompres dengan obat anti virus 1 kali dalam 5 hari secara rutin(selama tanaman sudah berbuah).

Proses Panen

Ketika melakukan proses panen(pemetikan buah)sebaiknya di lakukan ketika keadaan cuaca cerah,di anjurkan pemetikan buah dengan menggunakan alat gunting yang tajam,jangan lupa memakai alat sarung tangan,supaya kondisi buah tetap baik dan optimal.

Ciri ciri buah yang sudah siap panen:

1.Warna pada kulit buah sudah terlihat terang dan mengkilap.

2.Pada bagian tangkai buah sudah berubah menjadi kecil(menyusut).

3.Biasanya juga bisa memakai metode prediksi dengan cara menghitung usia tanaman, antara 75 s/d 105 hari setelah proses penanaman bibit(metode ini kurang akurat karena tingkat pertumbuhan dan lingkungan yang berbeda atau tidak sama antara satu daerah satu dangan daerah yang lainya).


Semoga bisa menambah pengetahuan dan bermanfaat buat anda.Thank you......




Reaksi: