Saturday, February 8, 2014

Budidaya Ikan Nila Terbaik

Usaha bisnis budidaya ikan nila merah memang sangat menguntungkan jika di lakukan dengan cara usaha yang benar,akan tetapi tidak sedikit pula para pembudidaya ikan nila yang tidak berhasil,di karenakan tidak mengetahui dan memiliki pengetahuan yang benar tentang bagaimana budidaya ikan nila yang baik dan benar agar bisa sukses dengan usaha tersebut.disini akan saya coba jelaskan dan uraikan  cara budidaya yang benar yang saya kutip dari berbagai website dan pengalaman pribadi ketika usaha budidaya ikan nila.


Di sini akan saya jelaskan tahap proses pemeliharaan ikan nila secara simple tapi benar dan berkualitas,karena saya sendiri pernah mempratekanya dengan memelihara cuma 3000 ikan nila,dengan menggunakan kolam dari media terpal,dan keuntungan yang bisa saya dapatkan 2 kali lipat dari modal yang saya keluarkan,jika anda tertarik coba simak tahap tahap proses budidaya ikan nila dibawah ini:


1.Tempat pemeliharaan/kolam

Untuk kolam sendiri bisa di sesuaikan dengan kondisi dan lingkungan anda,artinya bahwa anda bisa memakai dari bermacam macam kategori kolam,misalnya anda buat kolam di area persawahan,tambak,kolam yang terbuat dari batu dan semen,atau juga bisa dengan menggunakan media terpal sebagai pemeliharaanya,seperti pengalaman pribadi saya yang pernah mengunakan teknik itu dan hasilnya sangat memuaskan.


2.Pembuatan kolam

Untuk luas/ukuran kolam bisa di sesuaikan sesuai keinginan dan kebutuhan anda,contoh misalnya:lebar 2m x luas 2m dan tinggi 2,5 m(untuk kriteria skala kecil).dalam ukuran tersebut anda sudah bisa memeilhara ikan kurang lebih sebanyak 1500 ekor ikan.
Sebelum anda menaburkan ikan ke kolam yang baru di buat sebaiknya lakukan persiapan yang benar,misalnya:

>>kolam yang baru di buat sebelum di penuhi air usahakan di beri pupuk organik(pupuk kandang yang sudah terurai dengan benar)dengan ketebalan 2cm.

>>Beri daun jerami atau juga bisa menggunakan daun yang sudah kering dan lapuk setebal 2 cm.

>>Beri juga sedikit kapur dan garam dan taburkan secara merata di kolam.

>>Setelah proses di atas selesai biarkan dulu kolam selama 2 hari jangan langsung di isi air.

>>Setelah kolam di isi air biarkan dulu selama minimal 7 hari baru benih bibit ikan dimasukkan ke kolam,tujuanya supaya pupuk bisa terurai dengan sempurna dan juga mempunyai fungsi utama sebagai makanan organik bagi bibit ikan tersebut.


3.Bibit/benih ikan

>>Untuk bibit ikan anda bisa langsung membeli pada penyedia bibit ikan jika tak mau repot.

>>Pilihlah bibit ikan yang sehat dan berkualitas,karena ini sangat berpengaruh pada hasil panen nantinya.


4.Perawatan ikan

Untuk perawatan jenis ikan nila ini sangat mudah dan saya rasa anda pun pasti bisa melakukanya caranya:

>>Beri makan ikan 2 kali sehari pagi hari dan sore hari.

>>Beri vitamin buat pertumbuhan dan kesehatan ikan selama 1 bulan sekali.

>>Selalu jaga kebersihan air dalam kolam jangan terlalu kotor,karena jenis ikan ini tidak suka pada air yang keruh,dan ini harus benar benar anda perhatikan untuk menghindari ikan stres dan mati,dan juga bermanfaat untuk kelangsungan pertumbuhan ikan itu sendiri.

>>Usahakan air kolam selalu mengalir supaya pertumbuhan ikan bisa cepat,caranya anda bisa menggunakan pump air(berlaku untuk kolam dari batu semen,terpal).


5.Penyakit/Solusinya:
 
>>ikan stres
Jika ikan nila kondisinya stres maka pertumbuhan akan terhambat,masalah itu bisa di sebabkan oleh beberapa faktor misalnya:Airnya kotor
Solusinya:Kuras kolam dan ganti airnya jika kolam sudah mulai keruh.

>>Ikan sakit karena bakteri jamur,gejala penyakit ini biasanya timbul karena meningkatnya kadar asam pada kolam dari hasil kotoran ikan itu sendiri.
Solusinya:pindahkan ikan yang sakit tersebut dan obati dengan teratur,untuk obatnya bisa anda beri dari toko ikan.

>>Ikan kurang nafsu makan
Biasanya kejadian ini timbul karena kondisi ikan sedang stres
Solusinya:berikan obat penambah nafsu makan yang sudah banyak tersedia di toko ikan,atau juga anda bisa menggunakan rempah rempah tradisional untuk mengatasinya.


6.Panen

Biasanya masa panen ikan jenis nila ini membutuhkan waktu selama 4 s/d 6 bulan,tergantung dari perawatan dan tempat pemeliharaanya,jika berat ikan tidak sama rata anda bisa menyeleksi sesuai keinginan,karena menurut pengalaman pribadi saya ada beberapa ikan yang pertumbuhanya lambat.
Jika anda tertarik dan minat silahkan di coba,karena bisnis ini juga sangat menguntungkan jika di lakukan dengan sungguh sungguh.

Semoga sedikit tulisan artikel ini bisa bermanfaat buat anda,jika ada pertanyaan yang kurang paham silahkan tinggalkan komentar dengan senang hati akan saya bantu.terima kasih.




Reaksi: