Tuesday, August 20, 2013

Teknik menanam buah jeruk yang optimal




Sekilas Info Buah Jeruk

Buah jeruk merupakan buah yang banyak sekali mengandung unsur vitamin C,oleh karena itu bila di konsumsi dengan benar maka akan banyak mendatangkan manfaat,selain dari rasa yaitu bisa buat menambah sistem kekebalan tubuh dari berbagai penyakit,salah satu manfaat jika anda sering mengkonsumsi buah ini yaitu bisa menekan/mencegah berbagai penyakit,misalnya radang tenggorokan,sariawan dan lain sebagainya.

Jenis tanaman buah jeruk ini sangat cocok/ideal di daerah dataran yang mempunyai ketinggian antara 800 s/d 1300 dari ketinggian permukaan laut,curah hujan yang ideal antara  1200 s/d 2200 per tahun,dengan suhu yang optimal yaitu antara 24 s/d 29 derajat celcius,dan untuk kecepatan angin yang baik yaitu antara 10 s/d 35%,karena jika melebihi 35% akan sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan bunga dan buah,untuk tingkat kelembapan udara yang efisien yaitu antara 65 s/d 75%,jenis buah jeruk ini bisa di tanam pada lahan sawah maupun lahan kebun,dengan syarat tanah sudah memenuhi standart yang baik,tanaman buah jeruk ini sangat membutuhkan sinar matahari yang banyak untuk proses pertumbuhanya,jadi misalnya di tanam pada lahan yang kurang terkena cahaya matahari maka hasil buahnya terkadang kurang maksimal,dan bahkan sulit untuk berbuah.

Langkah persiapan menanam buah jeruk:

1.Lahan Tanah
Usahakan untuk lahan tanah memenuhi kriteria yang sama seperti saya sebutkan diatas,semakin baik kondisi lahan(subur)maka akan baik pula untuk pertumbuhan dan hasil buah yang akan di hasilkan.

Mengolah lahan tanah yang baik:
>>Lakukan pengolahan tanah dengan baik dan benar,supaya tanaman bisa tumbuh secara optimal.

>>.Lakukan proses penguraian tanah dengan metode pembajakan(tanah di haluskan)boleh dengan cara di cangkul maupun dengan menggunakan alat yang lebih modern.

>>Lakukan pemupukan dengan pupuk organik yang sudah terurai dengan benar pada setiap bagian lahan tanah,karena jika misalnya anda menggunakan pupuk organik yang masih baru?maka efeknya tanaman akan mudah layu dan bahkan bisa mati,karena unsur panas yang terdapat pada pupuk organik tersebut.

>>Di anjurkan pada lahan tanah di beri batu kapur halus dan garam secara merata,supaya tanah bisa netral dan kualitas tetap terjaga dengan baik.

>>Buatlah lubang tanah pada lahan untuk tanam bibit buah jeruk dengan ukuran:lebar 30 x 30 cm,dengan kedalaman 10 cm,buatlah jarak lubang minimal 5 meter dengan lubang lainya,setelah proses pembuatan lubang selesai,lakukan pemberian pupuk organik pada setiap lubang tanah setebal 2/3 cm,setelah itu lahan tanah jangan langsung di tanami bibit,biarkan dulu lahan tanah minimal 2 minggu,supaya pupuk bisa terurai dengan baik.

2.Alat alat yang di perlukan
Seperti cangkul,alat pengompres obat,gunting yang tajam,alat pengocor air dan lain sebagainya.

3.Bibit/benih buah jeruk
Usahakan untuk memilih bibit yang baik dan berkualitas,untuk kebutuhan bibit anda bisa dengan cara membeli pada penyedia bibit yang terdekat di daerah anda,karena saat ini sudah banyak penyedia bibit yang beredar.

Langkah penanaman bibit buah jeruk:

1.Proses penanaman bibit harus di lakukan pada pagi hari jam 06.00 s/d 09.00 atau sore hari jam 04.00 s/d 06.00.

2.Buanglah plastik polybeg pada bibit,jangan sampai merusak akar supaya nanti tidak bermasalah pada pertumbuhan tanaman..

3.segera tanam bibit yang sudah di buang plastik polybegnya ke tempat lubang tanah yang sudah di persiapkan sejak awal.

4.Setelah proses penanaman bibit selesai,lakukan penyiraman pada semua area tanaman dengan cara kocor /di kompres.


Langkah perawatan buah jeruk:

1.Lakukan penyulaman pada bibit yang mati atau yang pertumbuhanya kurang baik(ketika usia tanamam 0 s/d 1 bulan).

2.Sirami tanaman setiap 3 hari sekali pada pagi hari antara jam 06.30 s/d 08.30 dan pada sore hari antara jam 04.00 s/d 05.30.

3.Jika tanaman sudah banyak terdapat cabang lakukan pemangkasan pada bagian tanaman yang kurang baik,jangan lupa untuk memangkas ujung(pucuk)tanaman supaya tidak tumbuh sangat tinggi,metode ini sangat baik jika di lakukan dengan benar karena bisa meningkatkan pada hasil buah.

4.Lakukan pemupukan tambahan dengan pupuk organik hewan atau tumbuhan 1 bulan sekali pada area tanaman.

5.Lakukan pemberian kapur halus dan garam setiap 3 bulan sekali pada setiap lahan tanah.

6.Lakukan pengompresan dengan obat kimia secara berkala supaya tanaman tidak mudah terserang penyakit.

7.Bersihkan area tanaman dari berbagai jenis rumput,supaya pertumbuhanya bisa optimal.

8.Jika tanaman sudah mulai berbuah lakukan seleksi dengan membuang buah yang tidak sehat,supaya tidak menular ke buah yang lain.



Proses Panen

Buah jeruk biasanya biasanya bisa di panen kalau kulit buahnya sudah menjadi halus dan mengkilap,atau juga bisa juga dengan mencium aroma buah itu,karena aroma ketika buah masih muda dengan yang siap panen sangat berbeda,untuk masa usia panen buah jeruk ini susah di prediksi karena memiliki banyak varian.
Ketika melakukan proses pemanenan buah jeruk sebaiknya dengan menggunakan alat gunting yang tajam,supaya tidak merusak bagian buah dan bagian tanaman yang lain,jangan lupa untuk menggunakan sarung tangan,tempatkan buah hasil panen di tempat yang tidak terkena sinar matahari secara langsung,supaya kondisi buah tetap segar tidak layu.


Semoga tulisan artikel saya ini bisa bermanfaat buat anda.Terima kasih...

Reaksi: