Thursday, August 22, 2013

Teknik menanam buah pepaya yang baik




Sekilas tentang info buah pepaya

Jenis tanaman buah ini termasuk kategory yang sangat sensitif terhadap penyiraman air,misalkan jika perawatan tanaman buah ini kelebihan air(pada area lahan tanah kondisi air sampai tergenang)maka akibatnya akar tanaman akan mudah menjadi cepat rusak(akar busuk),akan tetapi jika tanaman ini kurang air dalam perawatanya maka akibatnya yaitu pertumbuhan tanaman ini menjadi terhambat dan hasil buahnya tidak bisa optimal,oleh karena itu untuk proses perawatan harus pintar dalam mengelola pemberian air terhadap tanaman ini.

Tanaman buah pepaya ini sangat cocok jika di tanam di daerah yang mempunyai ketinggian antara 300 s/d 600 dari ketinggian permukaan laut,dan untuk suhu udara yang ideal yaitu antara 23 s/d 26 derajat celcius,jenis tanaman ini banyak memerlukan sinar matahari untuk proses pertumbuhan,jadi lebih cocok dan optimal jika area lahan tanah terkena sinar matahari secara langsung selama pagi hingga sore hari,buah ini banyak mengandung unsur vitamin c yang baik buat tubuh manusia,hampir 80 % buah ini mengandung unsur air,dan serat halus.

Menurut hasil penelitian dari beberapa ahli gizi menyatakan bahwa:kalau misalkan buah pepaya ini sering di konsumsi dengan teratur maka manfaatnya adalah:bisa untuk mengurangi lemak dalam tubuh(untuk metode diet tubuh),bisa meperbaiki sistem pencernaan dalam lambung,serta bisa juga untuk menambah sistem kekebalan tubuh terhadap penyakit,karena  buah ini banyak sekali mengandung nutrisi vitamin dan serat.



Langkah persiapan


1.Persiapkan lahan tanah:

>>Lahan tanah usahakan banyak mengandung unsur hara dan organik,supaya tanaman bisa tumbuh dengan baik.

>>Lakukan proses pembajakan area lahan dengan baik dan benar(dengan cara di cangkul/di bajak).

>>beri pupuk organik secara merata pada setiap area lahan tanah(dengan catatan pupuk sudah terurai dengan baik dan benar).

>>Beri batu kapur halus dan garam pada area lahan tanah,supaya kondisi tanah tetap bekualitas baik.

>>Buatlah lubang tanah untuk menanam bibit dengan ukuran lebar 20 cm-dengan kedalaman 20 cm.

>>Setelah proses pembuatan lubang selesai,berilah pupuk organik pada setiap lubang dengan ketebalan 2 cm.

>>Setelah itu biarkan tanah selama 2 minggu hingga pada permulaan penanaman bibit


2.Langkah penanaman bibit:

>>Untuk proses penanaman bibit sebaiknya di lakukan pada pagi hari jam 06.00 s/d 09.00.

>>setelah proses penanaman bibit selesai segera siram area tanaman dengan air,supaya bibit tanaman tidak layu dan mati.


3.Langkah perawatan:

>>Lakukan penyiraman dengan air sehari 1 kali,sebaiknya di lakukan pada pagi hari jam 06.30 s/d 08.30.

>>Jika ada tanaman yang layu atau mati segera ganti dengan yang baru(ketika usia tanaman antara o s/d 1 bulan).

>>Lakukan pemberian pupuk organik tambahan 1 bulan sekali.

>>Lakukan pengobatan kimia misalkan dengan obat anti virus/hama/nabati secara berkala dan teratur.

>>Jika tanaman sudah mulai berbuah lakukan seleksi buah secara berkala,buang buah yang kurang bagus,sisakan yang baik saja supaya kualitas buah menjadi optimal.

>>Lakukan pembersihan di area tanaman dari berbagai rumput,jika ada tumbuh rumput segera cabut dan buang,supaya tidak mempengaruhi pertumbuhan tanaman.

>>Buanglah bagian tangkai dan daun yang sudah layu atau mati secara berkala,dan sisakan yang kondisi daun dalam keadaan segar.



Hama/solusi tanaman buah pepaya:

1.Tungau 
Hama ini berasal dari jenis serangga kecil yang biasanya hidup secara berkelompok,hama ini menyerang pada daun dengan cara menghisap cairan zat pada daun,hingga menyebabkan daun menjadi rusak dan mati.

>>SOLUSI:Kompres dengan memakai obat anti hama 1 kali dalam seminggu.

2.Kutu daun 
Jenis hama ini mempunyai ukuran yang sangat kecil dan hampir sulit di lihat oleh mata,biasanya menyerang pada daun dan buah,sehingga menyebabkan daun/buah tumbuh dengan tidak normal.

>>SOLUSI:kompres dengan obat anti hama 1 kali dalam 2 minggu.


Penyakit/solusi tanaman buah pepaya:

1.Phytophora
Jenis penyakit ini biasanya menyerang pada bagian daun yang masih muda(pucuk tanaman)hingga menyebabkan daun menjadi layu dan mati,dan untuk gejala yang lain bisa di lihat dari akar yang berubah warna menjadi coklat kehitaman dengan kondisi akar yang juga busuk,jenis penyakit ini harus di waspadai karena bisa menyebabkan gagal panen.

>>SOLUSI:Kompres dengan obat anti virus 1 kali dalam 3 hari,jika sudah ada tanaman yang terinfeksi segera cabut hingga sampai akar dengan bersih,setelah itu buang tanaman jauh dari area lahan tanah,berilah batu kapur halus dan garam pada bekas tanah supaya tanah bisa kembali netral seperti semula.

2.Antraknosa
Untuk jenis penyakit ini biasanya menyerang pada tanaman yang sedang berbuah(buah pepaya masih muda)gejala yang timbul dari akibat penyakit ini adalah:Munculnya lubang kecil pada buah dengan mengeluarkan zat getah yang kental,hingga menyebabkan buah menjadi tidak normal dan bahkan juga bisa menyebabkan buah menjadi busuk.

>>SOLUSI:Buang buah yang sudah terinfeksi dengan secepatnya,dan buang yang jauh dari area lahan tanaman,serta lakukan pengobatan obat anti virus 1 kali dalam seminggu(selama tanaman sudah menghasilkan buah).


Langkah panen buah pepaya:

>>Ketika proses panen sebaiknya di lakukan ketika cuaca sedang cerah(tidak hujan).

>>Lebih di sarankan lagi waktu pemetikan buah dengan menggunakan alat gunting,supaya tidak merusak buah yang lain.

>>hasil buah panenan usahakan jangan sampai terkena sinar matahari langsung,tempatkan pada lokasi yang teduh.

Biasanya tanaman buah pepaya ini bisa di panen ketika usia tanaman sudah umur 6 s/d 7 bulan(tergantung dari kualitas perawatan dan pertumbuhan tanaman).

Semoga sedikit info dari saya ini bisa bermanfaat buat anda,jika menurut anda isi konten artikel saya bermanfaat jangan lupa LIKE & FOLLOW hehehe..Thank you.



Reaksi: