Sunday, August 18, 2013

Teknik terbaik budidaya buah anggur





Info tentang buah anggur

Jenis buah anggur terbagi menjadi beberapa varian antara lain:
1.Anggur lokal
Buah anggur lokal ini biasanya ukuran buahnya kecil,dan memiliki rasa yang juga bervariasi karena ada yang rasanya manis hingga agak masam,untuk kategory warna biasanya ada yang berwarna merah keunguan(violet)hijau kekuningan,dan putih kekuningan.
2.Anggur super
untuk jenis buah anggur super ini banyak sekali yang peminatnya,di karenakan mempunyai nilai lebih dalam hal ukuran dan rasa,biasanya ukuranya besar berbentuk bulat,lonjong,dan memiliki kriteria warna bervariasi misalnya buahnya warna  hijau,kuning kemerahan,merah keunguan,dengan rasa yang manis tanpa adanya kandungan rasa masam,dan kelebihan di sisi lain yaitu buah anggur tidak memiliki biji,sehingga orang lebih suka ke jenis buah anggur super ini.
Buah anggur lokal maupun anggur super sangat ideal dan cocok di tanam di ketinggian tanah 600 s/d 1200 dari ketinggian permukaan laut,dengan suhu 30 derajat celcius pada siang hari,dan suhu 22 derajat celcius pada malam hari,untuk tingkat kelembapan udara yang ideal  pada malam hari yaitu antara 65% s/d 75%dan siang hari antara 25% s/d 35%,karena jenis tanaman anggur ini cocok dengan kelembapan udara yang kering pada siang hari,dan kelembapan udara lebih pada malam hari,dengan curah hujan berkisar 700 mm per tahun.

Langkah langkah persiapan menanam buah anggur:

1.Siapkan lahan tanah
Sebelum proses penanaman bibit hal yang harus di persiapkan adalah menyiapkan lahan tanah yang baik,artinya lahan tanah tersebut sudah di kelola atau sudah di olah dengan baik dan benar,misalnya sudah di lakukan penggemburan tanah dan pemupukan dari unsur organik,serta sudah di lakukan proses penambahan batu kapur halus dan garam di setiap bagian lahan tanah,supaya lahan tanah memiliki kualitas yang baik yang berfungsi untuk menyuburkan tanaman buah anggur,jika pengolahan lahan tanah tidak di lakukan dengan benar dan baik maka akibatnya tanaman anggur tidak bisa menghasilkan buah yang optimal,bahkan terkadang juga tanaman sulit untuk tumbuh dan berbuah,jadi persiapan lahan tanah yang baik merupakan faktor yang penting dalam proses penanaman buah anggur yang baik dan optimal.

Cara menyiapkan dan mengolah lahan tanah:
>>Setelah lahan tanah sudah di lakukan proses penngemburan siapkan lubang tanah untuk bibit anggur @ dengan ukuran lebar 10 cm dan kedalaman tanah 6 cm,setiap lubang harus di beri pupuk oraganik kira kira setebal 1cm,setelah semua selesai biarkan tanah selama 2 s/d 3 minggu supaya pupuk dan tanah bisa terurai dengan sempurna,setelah itu baru bisa di lakukan proses penanaman bibit buah anggur.

2.Siapkan alat alat yang di perlukan
Untuk alat yang di butuhkan misalkan:Gunting tajam sebagai alat pemotong,tiang kayu,alumunium,bambu(untuk media perambatan tanaman anggur|)cangkul,alat pemangkas ruput dan lain sebagainya.

3.Siapkan bibit yang berkualitas
Dalam proses penyiapan dan pemilihan bibit harus benar benar memilih yang berkualitas,karena faktor ini sangat berpengaruh terhadap kelangsungan proses pertumbuhan dan hasil panen,untuk bibit anda bisa memilih dari hasil cangkok,stek ataupun dengan langsung menanam biji buah anggur,saya sarankan supaya memakai bibit dari hasil cangkokan ataupun stek,karena bibit dari sistem itu memiliki tingkat pertumbuhan dan pembuahan yang baik,sekarang sudah banyak sekali penyedia bibit seperti itu di berbagai kota,jadi anda tidak akan kesulitan untuk membeli bibit buah jenis anggur ini.

Proses penanaman bibit buah anggur:
Untuk memulai penanaman bibit sebaiknya di lakukan pada pagi hari jam 06.00 s/d 09.00 dan sore hari jam 04.00 s/d 05.30,usahakan ketika menanam bibit bagian tanaman tidak rusak ataupun sampai patah,jika kondisi bibit sudah rusak sebaiknya di buang,untuk jarak yang ideal yaitu 60 s/d 80 cm pada tiap jarak bibit,setelah proses penanaman bibit selesai lakukan pengocoran air pada setiap area tanaman,supaya tanaman sehat dan tidak mudah mengalami layu.

Proses perawatan /pemeliharaan:
>>Lakukan pengocoran air di area lahan tanaman setiap pagi jam 06.00 s/d 09.00 dan sore hari jam 04.00 s/d 05.30.

>>usahakan kebersihan di lahan area tanaman selalu terjaga dengan baik.

>>Jika tanaman sudah mulai tumbuh besar,buatkan tiang rambatan dari kayu,bambu,juga bisa memakai alumunium,buat tiang dengan jumblah 4-6-8-10(sesuai selera anda)dengan ketinggian 2 meter,buatlah tiang seperti bentuk segi empat,lalu atasnya harus di beri juga kayu,bambu dengan menyilang,atau lurus,ikat semua kayu dengan kayu yang lainya dengan sebuah tali,supaya tidak mudah roboh jika terkena angin.Catatan:Tiang kayu,bambu harus kuat dan tidak mudah patah.

>>Lakukan pemangkasan pada bagian tanaman yang layu,tidak produktif,atau yang sudah mati dengan menggunakan sebuah gunting yang tajam.

>>kompres tanaman dengan obat anti virus/hama minimal 1 kali dalam seminggu.

>>beri pupuk organik tambahan pada setiap area tanaman 1 bulan satu kali(cara efisien).

>>beri tambahan batu kapur halus dan garam pada setiap area tanaman 1 kali dam 3 bulan,supaya kondisi tanah tetap netral dan optimal.

>>Jika tanaman sudah mulai berbuah sebaiknya lakukan seleksi pada setiap tanaman,buang buah yang kondisinya kurang baik,supaya hasil buah bisa optimal.

>>Jika buah sudah mulai memasuki usia tua(segera panen) usahakan buah di bungkus dengan menggunakan kertas karton pada setiap gerombol buah,supaya buah tidak mudah rontok dan busuk.

Jenis hama/solusi buah anggur:

1.Apogonia
Jenis hewan ini berasal dari serangga(kumbang)biasanya menyerang pada daun dan tangkai buah,hingga mentyebabkan tanaman rusak.
SOLUSI:Kompres dengan obat anti hama 1 kali dalam satu minggu.

2.Ulat
Hama jenis ulat ini suka merusak pada daun hingga sampai buah.
SOLUSI:Kompres dengan obat anti hama 1 kalidalam satu minggu.

3Rayap
Hama rayap ini menyerang pada akar tanaman,menurut penelitian di sebabkan karena penguraian pupuk organik yang tidak benar atau tidak baik,sehingga mengundang rayap ke lokasi pupuk organik tersebut.
SOLUSI:Kompres dengan obat anti hama pada bagian tanah area tanaman minimal 1 kali dalam 2 minggu.

3.Burung
Lagi lagi hama burung nich...yang memakan buah beberapa saja.
SOLUSI:Sebaiknya di iklaskan saja toh yang di makan cuma sedikit jumblahnya

Penyakit/Solusi buah anggur:

1.Gray mold
Jenis penyakit ini biasanya menyerang pada buah,ciri buah yang sudah terinfeksi yaitu buah menjadi keriput dan agak layu dengan warna buah coklat kekuningan..
SOLUSI:Buang buah yang sudah terinfeksi jauh dari area lahan tanaman ,lakukan kompres dengan obat anti virus 3 hari satu kali(selama tanaman sudah berbuah).

2.Gloeosporium
Jenis penyakit ini juga menyerang pada bagian buah,biasanya di tandai kalau buah terdapat bintik bintik warana coklat kehitaman.
SOLUSI:Kompres dengan obat anti virus 1 kali dalam 7 hari(dalam masa tanaman berbuah)segera buang buah yang sudah terinfeksi jauh dari area lahan tanaman.

3.Powdery Mildew
Kalau jenis penyakit ini hanya menyerang pada bagian daun,gejalanya daun terdapat bercak bercak warna coklat,yang kemudian daun menjadi kering dan mati.
SOLUSI:kompres dengan obat anti virus 1 kali dalam 2 minggu.

Proses Panen
Dalam satu tahun biasanya proses panen bisa di lakukan dalam 2 kali,untuk jumblah hasil panen tergantung dari jumblah tanaman dan luas lahan tanah,ciri ciri buah yang siap panen yaitu:Butir buah yang mudah lepas dari tangkai dan buahnya jika di pegang terasa lunak dan kenyal,ketika melakukan proses panen(memetik buah anggur)sebaiknya dengan cara di potong dengan menggunakan sebuah gunting yang tajam,potong pada bagian tangkai buah jangan sampai merusak buah maupun merusak bagian tanaman lainya,tempatkan buah hasil panen di sebuah kotak kayu dengan di lapisi sebuah serbuk kayu di bagian bawah kotak,dan di samping kotak kayu juga harus di lapisi dengan sebuah kertas karton,jumblah tumpukan buah jangan lebih dari 5 gerombol supaya buah tidak mudah rusak karena menahan berat,tempatkan hasil panen pada lokasi yang sejuk(tidak terkena sinar matahari secara langsung)supaya buah anggur tidak mudah layu.

Semoga bermanfaat buat anda,jika anda sudah berhasil memakai metode saya ini,pleaseeeee jangan lupa berbagi ilmu kepada orang lain supaya bisa lebih bermanfaat.Thank you.



Reaksi: